November 2012 – A Year Ago


Ada apa di bulan November?
Ada EHEF! Salah satu event yang paling saya tunggu-tunggu di tahun tersebut.

Posisi saat itu sedang berada di Bandung, jadi saya mengajak teman-teman dari kampus untuk berangkat bersama dari Bandung. Pengalaman perjalanan kami juga cukup seru, karena dari malam hari saya dan seorang teman kesulitan mencari kendaraan untuk dibooking pp Bandung-Jakarta.

Hampir hopeless, karena semua kendaraan yang bisa disewa sudah full. Sebenarnya bisa saja naik bus, tapi agak kurang etis juga ngajak teman yang wanita untuk nunggu bus di pinggir jalan tol. Saat itu sudah pukul jam 11 malam, saya putuskan untuk istirahat dulu dan melanjutkan pencarian mobil besok pagi; setelah menghubungi lebih dari 7 penyedia mobil sewaan, yang semuanya penuh.

Ajaibnya, setelah subuh dapat telpon dari nomor tak dikenal, yang ternyata saat diangkat mengabarkan kalau mobilnya sudah di ATM. Langsung sadar, kalau nanti di dalam perjuangan beasiswa, terlebih lagi hidup, kita harus tetap berharap dan tidak boleh putus asa. Pundi-pundi terakhir yang ada pun saya pertaruhkan agar bisa sampai ke EHEF, untungnya masih ada sisa untuk naik ojek ke rumah.

Ternyata kedatangan di EHEF mendatangkan banyak manfaat. Booth tujuan saya waktu itu hanya universitas yang menyediakan program HCI-related. Ada Twente, booth Finlandia, dan yang paling saya tunggu, tentunya, KTH.

Bersama Prof. dan mahasiswa KTH
Bersama Prof. dan mahasiswa KTH

Pas sekali, pada tahun 2013 KTH mulai membuka program internasional untuk jurusan HCI. Lama sekali saya ngobrol, atau lebih tepatnya curhat, dengan seorang Professor dari KTH yang sedang bertugas untuk promosi KTH ke Asia Tenggara.

Selain itu saya juga berencana untuk apply program EIT ICT Lab Master School, yang menyediakan major HCI, tentunya dengan KTH sebagai pilihan untuk tahun pertama dan Aalto tahun kedua.

***

Di pekan selanjutnya, Tim Gatotkaca dapat undangan untuk coaching business dari Bank Mandiri. Saya yang kebetulan ada di Jakarta mewakili tim, senangnya bisa reuni dengan teman-teman Mandiri Young Technopreneur 2011. Pada salah satu sesi, diadakan survey singkat tentang bidang bisnis yang digeluti, agak kaget juga ternyata perusahaan yang fokus di bidang IT hanya 2 atau 3 dari sekitar 80 lebih peserta coaching. Langsung teringat tim sendiri, semoga masih ada interest untuk mewujudkan Kalkulator Nutrisi dan release ke masyarakat…

@America mengadakan workshop penulisan statement of purpose, event seperti ini tentunya sayang untuk saya lewatkan. Saya janjian dengan seorang teman kelas, Affan, untuk datang ke event ini. Kami juga mengikuti after session bersama Ms. Casey Nolan Jackson, yang nantinya akan membantu merumuskan motivation letter saya.

Baru sadar, ternyata saya tidak sepenuhnya ‘nganggur’ karena banyak kegiatan menyenangkan. Pada bulan ini kakak dari Adit menikah, jadi tim dari Mobile Photography beraksi lagi untuk mendokumentasikan pernikahan dan resepsi mereka. Sangat seru! Padahal malam sebelumnya saya mengantar timnya Abe ke lokasi presentasi final Indigo Fellowship 2013.

Beberapa hari saya lewatkan di rumah sebelum kembali lagi ke Bandung untuk melanjutkan pengembangan salah satu produk startup bersama tim.

***

Wisuda teman seperjuangan, DMC, congrats!
Wisuda teman seperjuangan, DMC, congrats!

Salah satu event yang menyenangkan adalah wisuda November, rasanya senang melihat muka bahagia teman seperjuangan beserta keluarganya. Selain itu bisa bertemu dengan teman-teman yang sudah tidak tinggal di Bandung lagi.

Bersama Aslab IFLab, wisuda Damar
Bersama Aslab IFLab, wisuda Damar

Di akhir bulan saya bertemu dengan buku Business Model Canvas yang mengantarkan saya ke buku lain, Business Model You, buku ini membuat saya berpikir lagi tentang jalur kehidupan yang akan diambil kedepannya.

Advertisements

5 thoughts on “November 2012 – A Year Ago

  1. Kenapa denga buku Business Model Canvas ga? Saya pernah iseng langsung pake canvas nya untuk nyoba2 bikin businessmodel :p
    Bukunya “tentu” belum punya dan belum baca 😆

  2. Kalau business model canvas aku belum baca detail bukunya, tapi sering pake canvas untuk startup ka.
    Nah, Business Model You ini semacam modifikasi BMC, tapi untuk diri kita sendiri. Worth to read!

  3. Untuk diri kita sendiri ini dalam artian bisnis atau self motivation?
    Ntar coba dicari2 infonya dah! 🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s