Thesis Strikes (Week 10)


Tidak terasa, sudah bulan Maret! Hal ini berarti dalam beberapa minggu kedepan saya harus menyelesaikan eksperimen dan mulai menulis laporan thesis. Post ini adalah post ke-enam dari seri thesis. Post pertama bisa dilihat di link ini, post-2, post-3, post-4, dan post-5.

2.3.2015

Chunks:

  1. Lanjutin lagi test buat filter di Axure
  2. Buat sketch baru untuk timeline
  3. Import sketch di Axure, coba filternya
  4. Sebar undangan untuk testing hari Jum’at dan Sabtu ini

Beberapa jam di pagi hari saya habiskan untuk refine dan testing fitur untuk filtering timeline, sempat stuck beberapa kali, akhirnya sampai juga di tahap ‘anggap saja jalan’. šŸ˜€ Setelah beres coba-coba filtering, undangan untuk testing via email dan mailchimp sudah disebar. Untuk iterasi kali ini kemungkinan saya tidak akan mengambil banyak-banyak participant lagi seperti kemarin (tobat). Walaupun seru, tapi hal baru yang didapat kurang sebanding dengan waktu yang terpakai untuk persiapan, test, dan analisis.

Formnya bisa diakses di sini :
http://www.arganka.com/alynysse/research/

3-4.3.2015

Chunks:

  1. Lanjut ngerjain prototype
  2. Lanjut ngerjain prototype

Saking serunya bermain dengan Axure, dua hari ini jadi kurang tidur dan kantong mata yang sudah lama tidak pernah muncul kini terlihat kembali. Alhamdulillah hampir semua fitur utamanya sudah bisa berjalan dan prototype kali ini terlihat lebih polished dari dua prototype sebelumnya. Atau mungkin hanya perasaan saya saja (karena dua prototype sebelumnya benar-benar dikebut buatnya)

Secara tidak sengaja, pagi ini dapat ide untuk solusi permasalahan di beberapa testing yang lalu. Saat dicoba, ternyata kurang lebih cukup intuitif visualisasinya. Dan… sepertinya tidak perlu pusing untuk implementasi slider. Pelajaran yang cukup berharga, saat kerja keras terus menerus (walaupun belum jelas solusinya) biasanya setelah cukup lama akan ada ‘aha moment’.

Malamnya sempat kepikiran untuk implementasi heatmap atau mouse tracking tool di iterasi kali ini. Ketemu artikel yang menarik tentang one-man design team, yang sepertinya sedang saya alami. Dari artikel tersebut, dapat beberapa web penyedia service heatmap, ada yang gratis seperti Clickheat dan Navilytics. Ada kemungkinan saya harus hosting file prototype untuk implementasi heatmap tersebut.

Pada dua iterasi sebelumnya, saya menggunakan AxShare, jadi tidak perlu pusing untuk hosting. Untungnya, Axure bisa generate html dan files yang dihasilkan bisa dipush di account Github. Tinggal cara untuk implementasi heatmapnya, mungkin akan saya explore jika ada waktu lebih. Kalau tidak sempat, disimpan dulu untuk iterasi selanjutnya. Semoga menjadi iterasi terakhir dalam thesis kali ini, aamiin!

5.3.2015

Chunks:

  1. Lanjutin prototype untuk timeline view
  2. Masukin general context untuk perbandingan data
  3. Tidur cepat

Karena besok ada sesi jam 8 pagi, terlebih lagi beberapa hari kemarin kurang tidur, saatnya memasukan tidur di dalam chunks! *sebenarnya ga ada pikiran lain selain beresin prototype seberes beresnya, jadilah tidur masuk dalam chunks.

6-7.3.2015

Chunks:

  1. Remote testing
  2. Remote testing

Hari kamis saya sempat berencana untuk memasukkan general context, semacam interpretasi dari data. Misalkan, arti dari kecepatan 50 k/h itu apa? Cepat kah? di atas rata-rata? atau? Namun, karena tiba-tiba virus mager menyerang, akhirnya hari itu dihabiskan dengan… mager tentunya.

Untuk usability testing, lagi-lagi, ada permasalahan koneksi Internet dengan salah satu participant. Untungnya, ada teman yang bersedia untuk menjadi back-up participant. Alhamdulillah semua sesi pada dua hari itu lancar jaya. Asumsi-asumsi juga mulai tervalidasi, dengan prototype yang lebih polished. Selama proses ini, saya juga makin enjoy menggunakan Axure untuk prototyping.

Beberapa hari kedepan akan saya habiskan untuk analisis sesi remote testing tersebut, hitung task completion percentage dan time, menemukan usability problem, susun rekomendasi untuk iterasi selanjutnya; kemudian mengirimkan laporan yang berisi analisis tersebut ke dosen pembimbing.

Semoga feedbacknya oke, dan cukup untuk 1x testing lagi saja. Insya Allah šŸ˜€

Advertisements

6 thoughts on “Thesis Strikes (Week 10)

  1. Gankaaaa kamu semangat sekali menyusun Thesis nyaaa! menyebarkan semangat juga jadinya utk segera nyari topik dan menyusul dirimu untuk lulus!!! semangat Gankaaa!!!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s